Wednesday, January 27, 2016

Pengertian Pengukuran



Dalam setiap ilmu pengetahuan, pengukuran menghasilkan deskripsi kuantitatif dari suatu proses dan produk yang membuat kita memahami tingkah laku dan hasil. Dan akan semakin berkembang jika kita memilih teknik dan utilitas yang lebih baik untuk mengendalikan dan memaksimalkan kinerja suatu proses, produk dan resources (sumber) yang ada. Karena seorang engineer tidak dapat dikatakan sebagai engineer sejati, sampai kita dapat membangun pondasi yang solid untuk mengukur berbasiskan teori. (Pfleeger et al., 1997).

Dibawah ini pengertian pengukuran menurut para ahli: 
Lord Kelvin
Ketika kalian dapat mengukur apa yang kalian katakan dan mengekspresikannya dalam angka-angka, maka kalian mengetahui sesuatu tentang itu. Tetapi jika kalian tidak dapat mengukur dan mengekspresikan sesuatu dengan angka-angka, pengetahuan tersebut tidak
lengkap dan belum mencukupi dengan baik.

J. C. Maxwell
Mengukur berarti mengetahui

Krantz et al, 1971
Pengukuran adalah memetakan obyek empirik ke obyek angka-angka dengan perubahan yang setara.

Teori Pengukuran :
Pengukuran berarti perubahan yang setara antara area empirik dan barisan angka-angka tertentu.

Definisi Pengukuran menurut Pflanzagl's :
Pengukuran adalah proses menyebutkan dengan pasti angka-angka tertentu (misalnya entiti matematik untuk mewakili isi sebuah vektor), untuk mendeskripsikan suatu atribut empirik dari suatu produk atau kejadian dengan ketentuan tertentu.

Pengukuran menurut Ellis (1966) melalui (Carnahan, 1997)
Pengukuran adalah penyebutan dengan pasti secara numerik terhadap sesuatu, termasuk untuk setiap urutan yang sudah pasti dan aturan non degenerate.

Dari (Bill, 1980) melalui Steven (1984).
Proses pengukuran adalah proses memetakan properti atau hubungan empiris ke model formal. Pengukuran dimungkinkan dengan adanya isomorphism antara :
  • Hubungan empiris diantara properti suatu obyek dan kejadian yang ada padanya.
  • Properti dari model formal yang terdiri dari angka dan perubahan operator.

Mengukur (IEEE, 1993) :
Suatu jalan untuk memastikan dan memberitahukan suatu nilai dengan cara membandingkannya dengan suatu standar, untuk mengaplikasikan suatu metrik (cara dan metode pengukuran).

Pengukuran (IEEE, 1993):
Tindakan melakukan proses mengukur : gambaran, tingkatan atau jumlah yang dapat dihasilkan dari mengukur.

Pfleeger et al., (1997):
Mengukur adalah pemetaan sederhana dari suatu kenyataan, dunia empiris ke dunia matematik, dimana kita dapat lebih mudah dalam memahami atribut dari entiti dan relasi masing-masiong entiti tersebut dengan entiti lainnya. Kesulitannya adalah bagaimana kita dapat menginterpretasikan perilaku matematik dan mengartikannya dalamdunia nyata kembali secra tepat.

Pengukuran: (Fenton, 1994)
Pengukuran adalah pendefinisian suatu proses dengan angka atau simbol-simbol yang menjelaskan dengan pasti atribut suatu entiti di dunia nyata sesuai dengan aturan tertentu yang didefinisikan sebelumnya.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Sekolaholic | Ruang Kamu yang Ketagihan Sekolah. Powered by Blogger.

Email Subscriptions

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Unordered List

Pages

Theme Support